Aku #1

Pada dasarnya, aku ini bukan tipe orang yang banyak cerita. Aku bahkan kadang pilih-pilih kalo cerita, meskipun udah dekat sama orang itu. Karena aku cuma mau cerita dengan orang yang ga cuma sekedar bilang “oh” sama cerita aku, tapi punya respon yang lebih dan yang emang betulan mau peduli sama cerita aku. Jadi, aku bakal cerita kalo seandainya aku ditanya duluan. So far, aku cerita sama orang rata-rata responnya gitu semua, makanya aku putusin buat cerita lengkap sama Allah aja hehe. Tapi tenang aja, aku juga ga bakal nutup diri kalo seandainya kalian mau cerita sama aku.

Awal-awal aku belum sadar bahwa aku punya sifat ‘aneh’ kayak gini, aku sempat ngeluh juga, sempat ngerasa sedih gitulah. Ngerasa kayak ga ada orang yang mau dengarin cerita aku. Ga ada yang peduli sama aku. Ga ada yang mau tau gitu sama aku. Mereka sibuk aja ceritain diri mereka sendiri. Kalopun dengarin cerita aku tu paling nanya sekilas aja. Mungkin aja kali ya, gara-gara cara aku nyeritain itu kurang menarik, dan aku ini juga kadang lupa-lupa ingat sama cerita aku sendiri hahaha.

Tapi, makin lama, aku jadi ngerasa beruntung jadi pendengar cerita orang. Jadi pendengar keluh kesah orang. Aku ngerasa jadi orang yang bisa dipercaya buat dengarin cerita mereka. Dan (salah satunya) disini aku jadi ngerasa berguna sebagai teman. Di sisi lain, aku juga sadar, ternyata ada juga gunanya aku ga perlu ceritain keluh kesah aku ke orang-orang. Karena orang-orang yang cerita ke aku juga punya banyak masalah yang harus dipikirin. Singkatnya, aku ga perlu nambah beban hidup mereka.

Jadi, ya begitulah. Semoga aja aku tetap bisa bertahan dengan sifat ‘aneh’ kayak gini : jadi pendengar dan pemaham cerita yang setia, bukan pengeluh-kesah-ke-orang-lain yang setia.

 

Leave a Reply

