Perdana Ikut Kajian

Hari ini kebetulan pulang cepat. Jadi aku mutusin buat iseng-iseng ikut pergi kajian sama risma di mesjid Al-Bayyinah, tempatnya di jalan merak sakti. Awalnya aku sempat nyasar alias salah masuk jalan, karena aku perginya ga barengan sama risma. Aku mau ambil kue dulu, jadi makanya aku suruh risma duluan aja dan aku nyusul belakangan. Tapi, setelah aku explore, akhirnya ketemu juga mesjidnya.

Kalo mau kesini itu ga terlalu jauh masuknya dari Jalan Subrantas, kira-kira 300 meter ke dalam. Mesjidnya itu ada di dalam pesantren Al-Bayyinah. Pas masuk ke dalam pesantrennya, aku takjub aja gitu ngeliat semua adek-adeknya pake jilbab panjang. Ga tau deh ngapa kok suka aja aku liatnya, namanya juga pesantren ya pasti jilbabnya panjang-panjang kan hehe. Mesjidnya adem, pake AC. Ga banyak yang ikut kajian hari ini, kata risma. Karena kata dia, biasanya lebih rame dari ini.

Aku langsung nyaman pas masuk ke dalam karena adem. Alhamdulillah, Allah meridhai aku buat senang dengarin ceramahnya. Pas nyampe aku langsung keluarin kertas sama pena buat nyatat, dan aku bisa nyatat kayak air ngalir alias lancar. Ya pokoknya enjoylah gitu. Hari ini temanya tentang tauhid.

Pas ditengah jalan aku ngikutin ceramah ini, aku mulai ngerasa kayak rendah diri. Di kampus, rasanya jilbab aku ini udah panjang dibandingkan dengan yang lain. Tapi pas aku duduk disini, kok aku masih ngerasa kayak aku yang sebelum pake jilbab panjang. Karena mayoritas perempuan yang ikut kajian ini jilbabnya udah betul-betul dalam semua, bahkan (karena aku duduk di belakang) mereka rata-rata ada tali gitu di belakang kepalanya, artinya mereka pakai cadar.

Pemikiran aku langsung terbuka. Pengen deh rasanya bisa jadiin ini sebagai rutinitas aku. Disini aku juga ada kenalan bentar sama teman barunya risma yang rupanya anak fisip dan seangkatan sama kami berdua. Mereka pas di kampus ga pake cadar. Tapi pas pergi kajian pake cadar.

Trus juga, yang bikin aku tambah betah itu karena kuenya enak! Hoya punya lagi, pake merk pula hahaha. Padahal cuma kue kecil-kecilan, tapi malah ada merknya.

Hmmm pokoknya bersyukur deh buat hari ini. Bersyukur karena aku diizinkan Allah masuk matematika, bersyukur karena aku kenal dengan risma, sampe akhirnya aku bisa ikut sama dia buat datang kesini.

Mudah-mudahan lain waktu bisa ikut lagi. Aamiinn…

Leave a Reply

