Bingung Cari Duit

Aku baru tersadar satu hal malam ini. Ternyata, susah kali yang namanya cari duit tu! Berawal dari postingan salah satu akun LINE official yang ngebahas tentang situs-situs freelance, aku iseng buat ikutan. Katanya, disana kita bisa dibayar. Disana kita harus mendeskripsikan tentang diri kita, apa-apa aja bidang atau keahlian yang kita bisa kerjakaan. Nah, disini kendalaku! Sedih kali sumpah:( Padahal ini ni bukan pula kerja betulan. Toh aku pengen ikutan ini cuma iseng aja karena libur yang masiiiihhh sangat lama (aku baru mulai ngampus lagi tanggal 20 Februari 2016). Kan lumayan tuh bisa nambah jajan daripada pergi kesana kemari ga jelas. Eh, tapi sekarang udah ga terlalu banyak sih yang ngajakin jalan-jalan gitu. Maklum, udah semester 6. Jadi mungkin udah pada sibuk buat nyusun skripsi.

Aku jadi kepikiran sekarang. Belum kerja beneran aja udah bingung mau nulis apa, bingung aku ini bisanya apa. Sebelum buka website itu, aku kira aku bisa ngandalin beberapa keahlian kecil-kecilan aku. Misalnya kayak masukin data di microsoft excel atau ngajarin matematika. Gatau ngapa tiba-tiba mental aku jadi ciut. Aku jadi ngerasa ga pede, ga yakin kalo aku bisa. Ga kebayang nanti kalo aku bikin CV buat ngelamar kerja, dan aku gatau mau nulis apaan di CV itu!

Malam ini, betul-betul bisa dibilang jadi satu malam perenungan diri buat aku. Selama ini, selama aku punya banyak waktu, aku tu ngapain aja? Padahal umur aku tahun ini udah mau jalan 20 tahun, tapi kenapalah aku masih ngerasa kalo skill yang aku punya tu ga berkembang-kembang?

Sebenarnya aku ini mau jadi apa sih?

Apa guna aku belajar rajin-rajin, nyalin catatan rapi-rapi, tapi untuk belajar di kehidupan yang sebenarnya aja aku ga bisa! Ya yang kayak aku alami malam ini tepatnya. Untuk mencoba hal-hal baru aja, aku sampe takut gini. Takut gagal. Takut ga sesuai. Takut ga diterima. Takut uang dari freelance online itu ga cair ke aku. Banyaklah ketakutannya. Dan yang lebih parah lagi, aku sampe harus mikir keras, AKU INI BISA APA.

Jadi, apa sebenarnya yang bisa aku andalin ya? Kok sedih betul pertanyaannya.

Kenapa aku bisa mikirin ini malam ini. Aduh gatau deh aku pusing.

Leave a Reply

